Pelaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Materi Menulis Teks Anekdot Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Jambi

Rohdiana, Rohdiana (2022) Pelaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Materi Menulis Teks Anekdot Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ROHDIANA 2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
COVER LENGKAP.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model Project Based Learning (PjBL) menulis teks anekdot berbasis kearifan lokal di SMA. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang efektif diterapkan karena menekankan pada aktivitas sesuai dengan dunia nyata serta mampu menghasilkan sebuah karya atau hasil produk. Maka dari itu guru sebagai fasilitator harus mampu menyiapkan siswa untuk mencapai hal tersebut. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan model Project Based Learning (PjBL) materi menulis teks anekdot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observsi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Metode kualitatif fenomenologi digunakan untuk menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran pada materi menulis teks anekdot. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model Project Based Learning berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditempuh melalui kegiatan; (1) Penentuan pertanyaan mendasar. (2) Mendesain perencanaan proyek. (3) Menyusun jadwal. (4) Memonitor siswa dan kemajuan proyek. (5) Publikasi dan menguji hasil. (6) Evaluasi, serta mendeskripsikan hubungan antara model Project Based Learning berbasis kearifan lokal pada teks anekdot. Kata Kunci: Teks anekdot, Model Project Based Learning (PjBL), berbasis kearifan lokal

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teks anekdot, Model Project Based Learning (PjBL), berbasis kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Rohdiana
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:56
Last Modified: 05 Apr 2022 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32529

Actions (login required)

View Item View Item