Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Awal Siswa SMAN 8 Muaro Jambi Pada Materi Listrik Arus Bolak-Balik Berdasarkan Kategori Expert Dan Novice

Cahyaningsih, Dwi (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Awal Siswa SMAN 8 Muaro Jambi Pada Materi Listrik Arus Bolak-Balik Berdasarkan Kategori Expert Dan Novice. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Cahyaningsih, Dwi. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Awal Siswa Sman 8 Muaro Jambi Pada Materi Listrik Arus Bolak-Balik Berdasarkan Kategori Expert Dan Novice: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nehru, S.Si.,M.T. (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si.,M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Awal, Listrik Arus Bolak-Balik, Expert dan Novice Upaya yang dilakukan dalam mencari jalan keluar melalui adanya pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa dapat dikatakan sebagai kemampuan dalam pemecahan masalah. Hal ini dilakukan guna mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi listrik arus bolak-balik berdasarkan kategori expert dan novice. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang didapat menggunakan data kuantitatif dan kualitatif ke siswa SMAN 8 Muaro Jambi, bahwasanya siswa tersebut tergolong memiliki kategori Novice (berkemampuan rendah) dengan nilai rata-rata 65.36. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep fisika secara sistematis khususnya pada materi listrik arus bolak-balik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dan melakukan analisis dalam pemecahan masalah pada materi listrik arus bolak balik berdasarkan kategori expert dan novice. Penelitian ini menggunakan mix method (metode campuran). Cahyaningsih, Dwi. 2022. Analysis of Students' Early Problem-Solving Ability Sman 8 Muaro Jambi on Alternating Current Electricity Based on Expert and Novice Category: Thesis, Major Physics Education FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Nehru, S.Si., M.T. (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Sc. Keywords: Initial Problem Solving Ability, Alternating Current Electricity, Expert and Novice Efforts are made to find a way out through a solution problems faced by students can be said to be the ability to solution to problem. This is done to find out how the ability problem solving for high school students on alternating current electricity based on expert and novice categories. However, based on the research results obtained, using quantitative and qualitative data to students of SMAN 8 Muaro Jambi, that the student is classified as having the Novice category (capable of low) with an average value of 65.36. Students still have difficulty in relates the concepts of physics systematically, especially in electric current back and forth. This research was conducted to determine the initial ability level of students and perform analysis in problem solving on alternating current electrical material based on expert and novice categories. This study uses a mix method (mixed method).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Awal, Listrik Arus Bolak-Balik, Expert dan Novice
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ningsih
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:53
Last Modified: 06 Apr 2022 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32538

Actions (login required)

View Item View Item