aldi, Ren (2022) ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI BATIK ZHORIF DI KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. S1 thesis, Ekonomi Islam.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik pelaku usaha dan manajemen strategi pengembangan Home Industri Batik Zhorif di Kecamatan Danau teluk Kota Jambi perspektif ekonomi Islam melalui pendekatan analisis SWOT. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yg digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yg diperoleh dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yg mnjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pelaku usaha Home Indusri Batik Jambi Zhorif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat beberapa karakteristik pelaku usaha Home Indusri Batik Zhorif kecamatan danau teluk Kota Jambi. Pertama diantaranya (1) adanya sifat perjuangan (al mujahadah) nilai-nilai yang mendasari adanya semangat berjuang, yaitu karena adanya sifat pemahaman ke Islaman yang mendalam dari pemimpin dan pegawai. (2) Sifat Kebersamaan (al Ijtimaiyyah) Kebersamaan kegiatan organisasi menekankan dipertahankannya keharmonisan dan stabilitas dibandingkan rasa individualisme. (3) Perhatian Kemanusiaan (ihtimamul insaaniyyah) yaitu dengan memberikan kesejahteraan dan suasana kerja yang memadai, mengedukasi SDM sehingga kualitas produksi, pendapatan dan jumlah pelanggan terus bertambah. (4) Sifat Kreatif dan inovatif (al kholaq wal mubtakar) yaitu sejauh mana sumber daya manusia bekerja dengan sikap penuh ide, gagasan, kreasi dan selalu berusaha menciptakan kreasi baru dalam bidang pengembangan produk. .Kedua, bahwa pelaku usaha Home Indusri Batik Jambi Zhorif memiiki peluang dan kekuatan yang dapat menguntungkan seperti hubungan baik dengan pelanggan, potensi pasar yang masih besar, diversifikasi produk batik Jambi, kebijakan pemerintah. Pelaku usaha bisnis Home Industri Batik Zhorif juga telah melakukan strategi berdasarkan ajaran Nabi Muhammad SAW berlandaskan prinsip shiddq, tabligh dan istiqomah. Untuk itu mengembangkan bisnis ini hendaknya tetap mempertahankan prinsip-prinsip tersebut karena dapat menciptakan kepercayaan dan kepuasan baik bagi pelanggan maupun pengelola. Kata Kunci : Analisis SWOT, Manajemen Strategi Pengembangan, Ekonomi Islam
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | RENALDI |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 06:32 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |