Ningsi, Nuraini Permata and Wibowo, R Imam Suwardi and Yusra, Hilman (2022) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Nuraini_Permata_Ningsi NIM A1B118070..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII di SMPN 19 Kota Jambii)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Ningsi, Nuraini Permata. 2022. Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII di SMPN 19 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Tindak tutur direktif, guru, proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif apa saja yang dituturkan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII di SMPN 19 Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori-teori yang terkait tindak tutur terutama tindak tutur direktif. Serta sebagai acuan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan tiga penelitian relevan terkait tindak tutur direktif yang telah dilakukan oleh peneliti lain sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di SMPN 19 Kota Jambi pada Januari 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Adapun teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan adanya penggunaan tindak direktif meminta sebanyak 7 tuturan, mengajak sebanyak 4 tuturan, menagih sebanyak 4 tuturan, memaksa sebanyak 4 tuturan, mendesak sebanyak 2 tuturan, memohon sebanyak 3 tuturan, menyarankan sebanyak 5 tuturan, memerintah sebanyak 11 tuturan, memberikan aba-aba sebanyak 4 tuturan dan tindak tutur direktif menantang sebanyak 4 tuturan. Tindak tutur terbanyak yaitu tindak tutur memerintah dan tindak tutur yang paling sedikit yaitu tindak tutur memohon dan mendesak. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada para pendidik terutama guru bahasa Indonesia agar saat mengajar perlu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak menggunakan bahasa daerah. Kemudian disarankan juga kepada guru saat proses pembelajaran menggunakan tindak tutur direktif yang jelas agar bisa dipahami oleh lawan tutur yaitu siswa sehingga maksud dari tuturan itu bisa tersampaikan dan dimengerti maknanya oleh lawan tutur.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak tutur direktif, guru, proses pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | NINGSI |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 02:53 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 02:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |