PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Rahmawiyah, Novi and Yantoro, Yantoro and Zahyuni, Violita (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Novi Rahmawiyah_A1D118006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (250kB)

Abstract

Rahmawiyah, Novi. 2022. Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Perundungan Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Perundungan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengatasi perundungan pada peserta didik di SD Negeri 165/I Singkawang Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 165/I Singkawang pada 7 Desember 2021 hingga 8 Februari 2022. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian pendekatatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik di SD Negeri 165/I Singkawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan manarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Bentuk-bentuk perundungan, diantaranya adalah perundungan verbal, perundungan fisik dan non-fisik, serta perundungan psikologis. (2) faktor penyebab perundungan, diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. (3) peran kepala sekolah dalam mengatasi perundungan yaitu dengan berperan sebagai pendidik dan pengelola, berkaitan dengan cara mengatasi perundungan peran kepala sekolah sebagai pendidik yaitu dengan cara menasehati atau memberi penekanan para pendidik untuk segera mengatasi jika ada peserta didik yang melakukan perundungan. Peran kepala sekolah sebagai pengelola dalam mengatasi perundungan yaitu dimulai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dibuktikan dengan membuat kebijakan antiperundungan memuat peraturan harus saling mengingatkan, harus saling menghargai, harus saling memberi semangat/ bukan saling menjatuhkan dan yang terakhir harus saling tolong-menolong (4) dampak dari peran kepala sekolah terhahap perilaku perundungan diantanya yaitu, pembelarajaran di dalam kelas dapat berjalan dengan kondusif, berkurangnya intensitas perundungan, serta terbentuk dan mencerinkan kepribadian yang baik sesuai dengan bunyi visi SD Negeri 165/I Singkawang adalah “Membentuk pribadi yang berakhlak mulia unggul dalam berprestasi serta memiliki rasa tanggung jawab dan dapat memelihara lingkungan”. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah hendaknya memikirkan kebijakan dalam pencegahan perundungan di SD Negeri 165/I Singkawang untuk dapat mengurangi penyebabnya, ketika penyebab saja telah dicegah maka otomatis perundungan tidak akan terjadi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Perundungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Rahmawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:01
Last Modified: 07 Apr 2022 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32603

Actions (login required)

View Item View Item