PENGARUH MEDIA SOSIAL, KONFORMITAS DAN PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Stepani, Rissa (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL, KONFORMITAS DAN PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I rissa (1).pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Stepani, Rissa. 2022. Pengaruh Media Sosial, Konformitas, dan Pendidikan Ekonomi Keluarga terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMKN 1 Kota Jambi. Magister Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA., M.Si (II) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E Kata kunci: Media Sosial, Konformitas, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Perilaku Konsumtif Dalam Penelitian ini ditemukan Perilaku Konsumtif Siswa Kelas IX SMK Negeri 1 Kota Jambi sangat tinggi, akibat dari mengkonsumsi barang yang tidak begitu dibutuhkan, Sekalipun sudah diberikan didikan dari rumah mengenai cara menabung, berhemat dan cerdas mengelola keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh langsung Media Sosial terhadap Pendidikan Ekonomi Keluarga, (2) Pengaruh langsung Konformitas terhadap Pendidikan Ekonomi Keluarga, (3) Pengaruh langsung Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif (4) Pengaruh langsung konformitas terhadap Perilaku Konsumtif (5) Pengaruh langsung Pendidikan Ekonomi Keluarga terhadap Perilaku Konsumtif, (6) Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif melalui Pendidikan Ekonomi Keluarga, (7) Pengaruh Konformitas terhadap Perilaku Konsumtif melalui Pendidikan Ekonomi Keluarga Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path anlisys). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMKN 1 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 700 siswa dan Sample sebanyak 254 siswa yang kemudian dijadikan responden dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dengan disebarkan secara langsung. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung Media Sosial terhadap Pendidikan Ekonomi Keluarga sebesar -0,203, (2) Tedapat Pengaruh langsung Konformitas terhadap Pendidikan Ekonomi Keluarga sebesar -0,201, (3) Terdapat pengaruh langsung Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif sebesar -0,240, (4) Terdapat pengaruh langsung Konformitas terhadap Perilaku Konsumtif sebesar 0,198, (5) Terdapat pengaruh langsung Pendidikan Ekonomi Keluarga terhadap stres akademik sebesar -0,240., (6) Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif melalui Pendidikan Ekonomi Kelaurga sebesar 0,049, (7) Pengaruh Konformitas terhadap Perilaku Konsumtif melalui Pendidikan Ekonomi Keluarga sebesar 0,048. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada siswa untuk mengurangi konsumsi barang yang tidak teralu penting yang dapat menyebabkan meningkatnya perilaku konsumtif, serta lebih menerapkan pendidikan ekonomi keluarga yang telah diajarkan dirumah. Dan mengurangi penggunaan media sosial yang terlalu berlebihan.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Sitinjak
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:31
Last Modified: 07 Apr 2022 06:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32615

Actions (login required)

View Item View Item