PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DASAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GAYA KONSERVATIF, ENERGI POTENSIAL GRAVITASI, GAYA SENTRIPETAL

Fadhilah, Hilma (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DASAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GAYA KONSERVATIF, ENERGI POTENSIAL GRAVITASI, GAYA SENTRIPETAL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis serta dapat mengasah keterampilan kreatif dan inovatif. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan mahasiswa yang dilakukan di kelas Reguler Angkatan 2020 pendidikan fisika Universitas Jambi, didapatkan data bahwa sebanyak 54% mahasiswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep fisika dalam materi gaya konservatif, energi potensial gravitasi, gaya sentripetal. Selain itu buku ajar yang digunakan masih dalam bentuk cetak dan belum tersedia buku ajar elektronik yang berbasis saintifik. Sehingga penulis mengembangkan buku ajar berupa e-modul Fisika Dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi gaya konservatif, energi potensial gravitasi, gaya sentripetal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dari pengembangan e modul fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi gaya konservatif, energi potensial gravitasi, dan gaya sentripetal. Pengembangan e-modul ini menggunakan model pengembangan dari ADDIE yang hanya sampai pada tahap Development atau pengembangan. Penelitian ini bersubjek mahasiswa pendidikan fisika regular angkatan 2020 di Universitas Jambi, yang digunakan dalam instrumen penelitian adalah angket validasi tim ahli media dan materi, serta angket persepsi mahasiswa. Hasil dari penelitian pengembangan e-modul ini berupa e-modul fisika dasar yang berbasis pendekatan saintifik menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang telah divalidasi dan dinyatakan layak untuk diuji coba. Nilai persentase persepsi mahasiswa terdiri dari tiga aspek, pada aspek tampilan diperoleh nilai persentase sebesar 83%, aspek materi sebesar 82%, dan aspek kebermanfaatan sebesar 87%. Nilai skor rata-rata dari persepsi mahasiswa yang didapat adalah sebesar 84% dengan kateri nilai “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul fisika dasar berbasis pendekatan saintifik pada materi gaya sentripetal, energi potensial gravitasi, dan gaya sentripetal layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, E-Modul, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FADHILAH
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:35
Last Modified: 08 Apr 2022 01:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32620

Actions (login required)

View Item View Item