STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Agisti, Refina Aulia and Suhandi, Andi and Alirmansyah, Alirmansyah (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Agisti, Refina Aulia: “Strategi Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: strategi guru, sikap sosial Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sikap siswa yang ditampakkan dalam bentuk perbuatan dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, untuk itu guru membutuhkan strategi untuk memunculkan perubahan perilaku dalam membentuk karakter positif siswa dan untuk memudahkan terpenuhinya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V di SDN 13/I Muara Bulian. Objek penelitian ini adalah strategi guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V di SDN 13/I Muara Bulian meliputi tiga aspek yaitu program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pengintegrasian dalam mata pelajaran meliputi nilai sikap sosial yang dicantumkan dalam RPP, serta integrasi dalam proses pembelajaran. Budaya sekolah meliputi budaya yang diterapkan sekolah dalam mendukung pengembangan sikap sosial.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi guru, sikap sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Agisti
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:06
Last Modified: 08 Apr 2022 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32625

Actions (login required)

View Item View Item