Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Arifin, Ahmad (2022) Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSI_AHMAD ARIFIN_A1D118025.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas VI di SD Karya Mandiri Semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 pada 23 November sampai 23 Desember 2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul data dianalisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik di sekolah dasar terdiri dari penanaman karakter religius berbasis kelas, penanaman karakter religius berbasis budaya sekolah dan penanaman karakter religius berbasis masyarakat. Penanaman karakter religius berbasis kelas karakter religius yang dilakukan oleh guru melalui pengintegrasian muatan karakter religius pada setiap pembelajaran di kelas dan manajemen kelas. Penanaman karakter religius berbasis budaya sekolah di lakukan guru melalui pembiasaan dan keteladanan yang terdapat di sekolah. Selanjutnya penanaman karakter religius berbasis masyarakat dilakukan guru melalui kerja sama dengan wali murid dan masyarakat di sekitar SD Karya Mandiri. Strategi guru dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik juga sudah terlaksana dengan baik dilihat dengan adanya karakter religius yang dimiliki oleh peserta didik seperti, ketaatan beribadah dalam melaksanakan ajaran agama yang dipercayai, berperilaku baik dalam kehidupan dan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik di sekolah dasar yang dilihat melalui penanaman karakter religius berbasis kelas, penanaman karakter religius berbasis budaya sekolah dan penanaman karakter religius berbasis masyarakat dapat menciptakan peserta didik yang berkarakter religius.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Arifin
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:05
Last Modified: 11 Apr 2022 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32643

Actions (login required)

View Item View Item