Implementasi Literasi Sains di Kelas V Sekolah Dasar

Rahayu, Sri and Maryono, Maryono and Pamela, Issaura Sherly (2022) Implementasi Literasi Sains di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_SRI RAHAYU_A1D118076-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Sri. Implementasi Literasi Sains di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd.,M.Pd Kaca Kunci: Implementasi, Literasi Sains Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Literasi Sains di Kelas V A di SDN 64/I Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Fenomenologi merupakan penelitian yang mengkhususkan pada fenomena dan realita yang tampak untuk mengkaji penjelasan didalamnya, fenomenologi sendiri memiliki dua makna yaitu sebagai filsafat sains dan juga metode penelitian yang bertujuan mencari arti ataupun makna dari pengalaman yang ada dalam kehidupan. Penelitian ini dilakukan di SDN 64/I Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Data Ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru dan peserta didik kelas V A SDN 64/I Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Hasil penelitian mengenai implementasi literasi sains di kelas V A sekolah dasar kegiatan literasi diadakan sebagaimana mestinya, seperti membaca buku bersama-sama didalam kelas, ada kunjungan pada pojok baca dan siswa diarahkan untuk membaca buku yang berhubungan dengan pengetahuan alam dan lingkungan sekitar. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa guru kelas V A SDN 64/I Muara Bulian telah melaksanakan literasi sains. Kegiatan literasi ini dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Literasi sains memiliki tiga tahap yaitu, tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rahayu
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:43
Last Modified: 11 Apr 2022 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32650

Actions (login required)

View Item View Item