FACHRI AKROMI, DAVIT (2022) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM CAPAIAN AKADEMIK DI SMAN 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
MOTTO.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Kebijakan Pembelajaran, Capaian Akademik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas kebijakan pembelajaran di era pandemi covid-19 dalam capaian akademik di SMA Negeri 10 Kota Jambi dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kebijakan pembelajaran serta mengetahui seberapa berpengaruh terhadap capaian akademik dari SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah pejabat sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas dari kebijakan pembelajaran merupakan bagian yang khusus dalam menetapkan keberhasilan sekolah yang memiliki capaian akademi peserta didik yang diharapkan. Pembelajaran di masa pandemi membuat para tenaga pendidik maupun pejabat dari sekolah harus cepat menanggapi situasi yang selalu berubah dan siap untuk perubahan serta belajar memahami digital. Sedangkan untuk kebijakan kurikulum adalah suatu rencana yang diatur agar membuat jalannya pembelajaran di suatu sekolah atau lembaga pendidikan dengan kebijakan,dan tanggung jawab dengan melibatkan semua bagian atau sumber daya yang berhubungan. Peserta didik sebagai yang melaksanakan maupun sebagai sampel dari kebijakan itu sendiri baik itu terdapat kendala ataupun hasil yang baik dari kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah dan sekolah itu sendiri. Dengan dimiliki peran dari masing-masing anggota sekolah baik itu penjabat sekolah, guru, maupun siswa maka efektivitas dari kebijakan pembelajaran mudah untuk saling berkoodinasi dengan kebijakan yang ada dalam melihat kebijakan terhadap akademik di sekolah. Selanjutnya untuk setiap kebijakan pembelajaran baik itu di penjabat sekolah maupun guru dan peserta didik berpedoman terhadap tanggung jawab dan perannya masing-masing agar kebijakan pembelajaran berupa hak-hak, tanggung jawab, pelayanan dan pengimplementasian untuk melihat seberapa efektifnya kebijakan pembelajaran di era pandemi ini terhadap akademik sesuai fungsi dan perannya masing-masing. (2) Faktor pendukung dan penghambat capaian akademik di SMAN 10 Kota Jambi dengan memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa dan memiliki tujuan dalam menumbuhkan pencapaian akademik pelajar sudah menjadi tujuan utama bagi pejabat sekolah maupun sebagai guru di sekolah serta menerapkan pengajaran tentang kepercayaan kepada tuhan yang maha esa, memberikan motivasi-motivasi yang meningkatkan minat belajar siswa dan juga memberikan siswa untuk lomba-lomba dengan mengikuti kompetisi siswa-siswa lulusan di harapkan bisa bersaing di dunia luar sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam capaian akademik di SMAN 10 Kota Jambi adalah belum semua guru sepenuhnya memahami penggunaan teknologi dan juga semangat belajar dari peserta didik yang berkurang jika dibandingkan dengan era sebelum pandemi covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | AKROMI |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 07:09 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |