arviyan, arviyan (2022) Desain Modul Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ARVIYAN1[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Arviyan. 2021. Desain Modul Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 30 Muaro Jambi: Skripsi, Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Sufri, M.Si,. (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Desain Modul Pembelajaran, STEM, Bangun Ruang Sisi Datar Modul adalah suatu bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Proses pembelajaran sangat dibutukan modul pembelajaran yang inovatif seperti berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sebagai penunjang proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang valid menurut ahli, praktis digunakan menurut guru serta mengetahui efektifitas modul dari hasil respon siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran dan pemberian tes evaluasi untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli desain media, desain kerangka kerja STEM dan ahli materi dan angket tanggapan guru dan siswa. Hasil penelitian siketahui bahwa desain modul pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 30 Muaro Jambi telah valid berdasarkan penilaian ahli validator desain media dan desain kerangka kerja STEM dengan proporsi 75% dan penilaian validator ahli materi dengan proporsi 80% yang berarti modul pembelajaran valid dengan sedikit perbaikan. Selanjutnya uji coba perorangan dilakukan kepada guru untuk mengetahui kepraktisan penggunaan modul pembelajaran diperoleh persentase dengan proporsi 89%, yang berarti bahwa modul pembelajaran sangat praktis dan layak digunakan dalam penelitian tanpa perbaikan. Hasil efektivitas modul pembelajaran diketahui berdasarkan uji coba kelompok siswa dengan rata-rata persentase penilaian respon siswa diperoleh dengan proporsi 70,4%. Serta dilihat berdasarkan presentase kelas siswa yang tuntas mencapai 88,8% dan melebih target ketuntasan kelas 75%. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain Modul Pembelajaran, STEM, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ARVIYAN |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 07:18 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 07:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |