Sari, Mila Cantika (2022) Problematika Pembelajaran Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover skripsi mila.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
kata pengantar.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (998kB) |
Abstract
Sari, Mila Cantika. 2022. Problematika Pembelajaran Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Kota Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj Yusra D., M.Pd., (II) Dra. Rasdawita., M.Pd., Kata kunci: problematika, pembelajaran menulis puisi rakyat Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Problematika Pembelajaran Menulis Puisi Rakyat Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 24 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 yang ditinjau dari segi kemampuan menulis siswa dan juga faktor internal yang mempengaruhi pembelajaran. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Jambi dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 42 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Hasil penelitian ini Pada tes pengetahuan siswa sebagian besar mendapat kategori nilai sedang pada faktor internal terdapat beberapa indikator yang mengalami problematika diantaranya, ditinjau dari motivasi belajar dengan indikator adanya harapan cita-cita dimasa depan, ditinjau dari konsentrasi belajar siswa mengalami problematika pada indikator memusatkan perhatian saat pembelajaran, ditinjau dari faktor internal mengolah bahan ajar siswa mengalami problematika pada indikator menerima materi pelajaran yang diberikan Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat dalam praktik penulisan siswa pantun terdapat problematika siswa dalam ketepatan penggunaan rima, pemilihan kata. Pada syair terdapat problematika yaitu pada pemilihan kata siswa yang dan pada penyampaian isi. Dan untuk gurindam terdap problematika siswa dalam ketepatan penggunaan rima. Pemilihan kata yang sederhana dan tanpa menggunan bahasa kiasanan juga pemaparan isi yang masih belum cukup baik. Untuk problematika siswa ditinjau dari faktor internal siswa diantaranya adalah pada motivasi belajar, konsentrasi belajar dan pada faktor internal mengolah bahan belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problematika, pembelajaran menulis puisi rakyat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 07:01 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |