Analisis Kesalahan Keefektifan Kalimat Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi

Fatjriani, Siti Nur (2022) Analisis Kesalahan Keefektifan Kalimat Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover dll.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Lampiran 28.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatjriani, Siti Nur. 2022. Analisis Kesalahan Keefektifan Kalimat Pada Teks Ulasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra D., M. Pd. (II) Dra. Rasdawita, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kesalahan keefektifan kalimat dalam teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk kesalahan penggunaan kalimat efektif pada teks ulasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII. Sedangkan data yang digunakan berupa karangan teks ulasan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Dokumentasi berupa teks digunakan untuk memperoleh kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan peserta didik yang terdiri atas 5 kesalahan pilihan kata, 3 kesalahan rincian kata, 2 kesalahan elipsis, 2 kesalahan subjek kalimat yang eksplisit, dan 1 kesalahan variasi kalimat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kesalahan keefektifan kalimat pada siswa kelas VIII dalam teks ulasan masih banyak terjadi. Hal ini disebabkan oleh karakteristik siswa kelas VIII yang belum memahami keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalannya secara mendalam, sehingga penggunaan kalimat efektif belum tepat. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik yaitu lebih meningkatkan kreatifitas kegiatan belajar khususnya pada materi penggunaan kalimat efektif dengan memvariasikan metode pembelajaran yang ada, sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Kata Kunci: analisis kesalahan, kalimat efektif, dan teks ulasan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, kalimat efektif, dan teks ulasan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FATJRIANI
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:01
Last Modified: 12 Apr 2022 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32702

Actions (login required)

View Item View Item