INTERAKSI SOSIAL SISWA BERPRESTASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTS NEGERI 2 KOTA JAMBI

RAHMIYATI, RINI (2022) INTERAKSI SOSIAL SISWA BERPRESTASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTS NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI RINI RAHMIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
skripsi rini cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Dokumen Pindaian.pdf

Download (354kB)
[img] Text
skripsi rini abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
skripsi rini BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
skripsi rini BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
skripsi rini daftar pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa berprestasi yang sulit mendapatkan kelompok belajar, disebabkan sikap individualis yang hanya mementingkan proses belajar dibanding hubungan sosial. Tujuan penelitian mengungkapkan besaran kualitas interaksi sosial siswa berprestasi dalam proses belajar mengajar di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Proses belajar berarti tahapan yang mempengaruhi perubahan pada kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk melaju kearah yang lebih baik. Siswa berprestasi dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki keunggulan dalam bidang tertentu khususnya bidang akademik dan dinyatakan dalam bentuk nilai pada raport. Adapun yang dimaksud dengan interaksi sosial adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang perorangan atau lebih yang berbentuk hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi terhadap proses-proses yang terjadi dalam hubungan sosial yang dinamis terhadap lingkungan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Subjek siswa kelas VII dan VIII. Indikator interaksi meliputi faktor imitasi, faktor sugesti, faktor identifikasi, dan faktor simpati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 57 orang siswa dengan peringakat 1 sampai 3, jumlah sampel sebanyak 57 responden, penarikan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan model skala likert. Data diolah menggunakan rumus persentase formula C dan deskripsi menggunakan kriteria penafsiran persentase. Hasil pengolahan data, mencapai 71,57% secara keseluruhan interaksi sosial siswa berprestasi dalam proses belajar mengajar di MTs Negeri 2 Kota Jambi dengan kualitas baik. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan untuk mengetahui kualitas interaksi sosial dalam proses belajar mengajar dan dapat dijadikan acuan pemberian layanan informasi guna pencegahan di sekolah. Kata kunci : Interaksi Sosial, prestasi, Belajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Interaksi Sosial, prestasi, Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RAHMIYATI
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:36
Last Modified: 12 Apr 2022 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item