PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP

Destriani, Riky Nelvia D (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover Tesis Riky Nelvia.pdf

Download (121kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR - DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (800kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (501kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan, kepraktisan, keefektivan dan kemenarikan video pembelajaran menulis teks ekposisi. Video menampilkan teks, gambar dan suara untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif. Video ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan siswa mengenai kebutuhan media pembelajaran yang lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) . Tahap analisis dilakukan dengan menanalisis kebutuhan siswa, dilanjutkan mendesain video pembelajaran, mengembangkan video pembelajaran, mengimplementasikan produk yang dikembangkan pada kelas uji coba, diakhiri dengan mengevaluasi hasil penggunaan video pembelajaran. Perolehan data dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif lalu diolah menggunakan interval nilai skala likert dan rumus N-Gain. Subjek penelitian yaitu 3 siswa uji coba perorangan dan 20 siswa uji coba kelompok kecil. Siswa tersebut berasal dari kelas VIII di SMPN 1 Atap 3 Betara. Instrumen pengumpul data berupa observasi, lembar angket instrumen, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media diperoleh nilai rata-rata 98,00 yang tergolong tinggi. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai rata-rata 89,58 dengan kategori tinggi. Hasil perolehan nilai rata-rata dari praktisi adalah 82,66 dengan kategori tinggi. Produk yang diimplementasikan melalui uji coba perorangan memperoleh nilai rata-rata 94,1. Kepraktisan produk pengembangan ditunjukkan dengan dilakukannya uji coba kelompok kecil berupa respon siswa yang memperoleh nilai rata-rata 84,8. Keefektivan produk ditunjukkan dengan hasil pretest dan post test siswa yang memperoleh nilai rata-rata 0,77 pada NGain aspek kognitif yang tergolong tinggi dan 0,79 pada N-Gain aspek psikomotor yang tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penerapan video pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk pembuatan video pembelajaran menulis tergolong praktis dan untuk penggunaan video pembelajaran menulis tergolong sangat praktis. Dapat ditunjukkan bahwa video pembelajaran menulis efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Video pembelajaran menulis memperoleh penilaian yang baik sehingga dikategorikan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi. Kata Kunci : video, teks eksposisi, project based learning.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Destriani
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:19
Last Modified: 11 Apr 2022 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item View Item