Meisara, Rotua (2022) Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMAN 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Rotua.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover Rotua.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (629kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (196kB) |
Abstract
Pembelajaran yang bermakna di kelas dapat memberikan manfaat bagi perkembangan kognitif siswa. Pembelajaran bermakna dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang aktif. Pembelajaran aktif menekankan pada peran guru sebagai pembangun suasana belajar yang kondusif dan sebagai fasilitator siswa. Dalam proses pembelajaran yang aktif tentunya terjadi hubungan interaktif antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, atau dengan sumber belajar lainnya. Penelitian ini dilakukan karena adanya penerapan pembelajaran tatap muka terbatas yang mempengaruhi perubahan gaya belajar siswa. Perubahan tersebut menjadi fokus pendidik dalam melihat keaktifan belajar yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa nantinya. Oleh karena itu, pendidik perlu merancang strategi belajar untuk menciptakan keaktifan dan hasil belajar di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam menulis teks negosiasi kelas X SMAN 4 Kota Jambi. Data dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X pembelajaran tatap muka pada masa pandemi di SMAN 4 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-12 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan indikator keaktifan untuk memperoleh data keaktifan dan menggunakan instrumen hasil belajar siswa kelas X-12 SMAN 4 Kota Jambi sesuai dengan modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan sikap yang menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan interaksi di dalam kelompok. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap siswa yang menunjukkan kepercayaan diri dalam bertanya, berpendapat, dan berdiskusi dalam kelompok. Selanjutnya, hasil belajar dengan model problem based learning pada siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 73,05 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,52. Dengan demikian, pelaksanaan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning efektif meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-12 pada materi menulis teks negosiasi di SMAN 4 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, hasil belajar, teks negosiasi |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Meisara |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:45 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |