HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI

PRABOWO, ILHAM (2022) HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM PRABOWO PERBAIKAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (244kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
pernyataan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, kreatif, terampil, bertanggung jawab, produktif dan berbudi pekerti luhur. Hal tersebut termuat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Berdasarkan undang-undang tersebut, maka pendidikan harus memperhatikan potensi siswa dengan menekankan pada upaya mengembangkan kreativitas belajar siswa secara optimal. Kreativitas disamping bermanfaat untuk pengembangan diri siswa, juga merupakan kebutuhan akan perwujudan diri sebagai salah satu kebutuhan paling tinggi bagi manusia. Dengan mengembangkan kreativitas belajar yang diimplementasikan dalam sistem pembelajaran, siswa diharapkan dapat menemukan ide-ide yang berbeda dalam memecahkan masalah yang dihadapi, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam proses interaksi yang lebih luas dalam kehidupan bermasyarakat. Pengembangan kreativitas memerlukan kemampuan siswa dalam melakukan self management, karena kreativitas muncul dari dalam diri setiap siswa, bukan sesuatu hal yang berasal dari luar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self management siswa, mengetahui tingkat kreativitas belajar siswa, dan menganalisis hubungan yang signifikan antara self management dengan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang diteliti adalah Siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi yang berjumlah 482 orang. Sedangkan sampel yang diteliti adalah sebanyak 88 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan lima alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil pengukuran variabel self management siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi adalah 347,5 atau sebesar 69.5%, rata-rata skor hasil pengukuran kreativitas belajar siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi adalah 403,7 atau sebesar 67.3%, dan nilai r hitung sebesar 0,665 Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan self management masuk dalam ketegori baik, kreativitas belajar siswa masuk dalam kategori baik. Terdapat hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara self management dengan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi. Artinya semakin tinggi self management siswa, maka akan semakin tinggi pula kreativitas belajar siswa. Kata Kunci : Self Management, Kreativitas Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: PRABOWO
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:41
Last Modified: 13 Apr 2022 07:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32784

Actions (login required)

View Item View Item