Upaya Guru Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin dan Jujur Sekolah Dasar

Sari, Yunita indah and Syahrial, Syahrial and Sholeh, Muhammad (2022) Upaya Guru Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin dan Jujur Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI YUNITA INDAH SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
CVR.pdf

Download (228kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Sari, Yunita, Indah. 2022.Upaya Guru Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin dan Jujur di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Syahrial, M.Ed. Ph.D (II) Muhammad Sholeh, S.Pd. M.Pd Kata Kunci : Upaya Guru,Karakter Disiplin, Jujur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Upaya guru menanamkan pendidikan karakter disiplin dan jujur di sekolah dasar Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di SDN 13/I Muara Bulian pada 09 januari 2022-09 Febuari 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kritis. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas IB, IIA dan III B Negeri 13/I Muara Bulian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas yaitu Triangulasi Tehnik. Tehnik analisis data menggunakan Miles dan Huberma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin dan jujur di SDN 13/1 Muara Bulian pendidikan karakter berhasil memerhatikan perbedaan individual maka guru perlu melakukan hal-hal berikut, pertama, menggunakan metode pendidikan karakter yang bervariasi. Kedua memberi tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik. ketiga memodifikasi dan memperkaya bahan ajar. Keempat menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilaian dan laporan pendidikan karakter. Kelima Memahami bahwa karakter peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama. Keenam mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan berkarakter. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dari semua upaya yang digunakan guru kelas IB, IIA, IIIB SD Negeri 1 3/I Muara Bulian merupakan Upaya yang guru terapkan untuk dapat menanamkan pendidikan disiplin dan jujur di SD 13/I Muara Bulian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, karakter disiplin, jujur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Sari
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:57
Last Modified: 14 Apr 2022 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32805

Actions (login required)

View Item View Item