Padilah, Nur (2022) IMPLEMENTASI METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES (SCCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X1 IPS I SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full (Padilah).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Padilah, Nur. 2022. Implementasi Metode Student Ceated Case Studies (Sccs) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS I SMA Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Firman, M.Si, (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Student Created Case Studies (Sccs), Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menggambarkan indikator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui metode sccs, serta untuk mengetahui bagaimana implementasi metode sccs dapat meningkatkan hasil belajara sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuantitatif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS I SMA Adhyaksa 1 Jambi yang menggunakan metode sccs nilai kognitif pretes yang memperoleh presentase sebesar 25%, siklus I pada tindakan 1 memperoleh 43%, pada tindakan 2, memperoleh 50%. Pada siklus II tindakan 1 memperoleh 46%, tindakan 2 memperoleh 64%. Pada siklus III tindakan 1 memperoleh 75%, dan tindakan 2 memperoleh 82%. Nilai afektif, pada siklus I tindakan 1 memperoleh presentase sebesar 18%, tindakan 2 memperoleh 18%. Siklus II pada tindakan 1 memperoleh 36%, tindakan 2 memperoleh 36%, pada siklus III tindakan 1 memperoleh 64,28%, tindakan 2 memperoleh 71,42%. Nilai psikomotor memperoleh presentase sebesar pada siklus I tindakan 1 36%, tindakan 2 memperoleh 36%, pada siklus II tindakan 1 memperoleh 54%, tindakan 2 memperoleh nilai sebesar 54%, sedangkan pada siklus III tindakan 1 memperoleh 64,28%, tindakan 2 memperoleh 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar sejarah yang menggunakan metode sccs, hal ini ditunjukkan disetiap indikator kognitif, afektif, dan psikomotor, presentasenya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah agar dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Metode yang berebasis kelompok bertujuan untuk proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga siswa senang dan lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Dan ciptakanlah kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan para siswa betah didalam kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | NURPADILAH |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:34 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |