Hermawan, Ari (2022) PEMIKIRAN WAHID HASYIM DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA 1931-1953. S1 thesis, Prodi Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover Sampul, Cover Judul.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan, Hal Pengesahan.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) |
Abstract
ABSTRAK Ari Hermawan, 2022. Pemikiran Wahid Hasyim dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia 1931-1953. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Supian Ramli, S.Ag.,M.Ag (II) Nelly Indrayani, S.Hum.,M.Hum. Kata kunci : Gus Wahid, Pembaharuan, Pemikiran, Pendidikan Islam Penelitian dalam skripsi ini berfokus kepada permasalahan mengenai pemikiran Gus Wahid dalam pembaharuan pendidikan Islam. Berawal dari rasa ketidaknyamanan Gus Wahid terhadap berbagai sistem pendidikan modern yang dibawa oleh pemerintah Belanda sehingga lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren merasa tertinggal dalam segi apapun sesuai dengan perkembangan zaman. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) sejarah dan gambaran umum pendidikan Islam di Indonesia, (2) riwayat hidup Gus Wahid, (3) pemikiran Gus Wahid dalam pembaharuan pendidikan Islam. Guna menjawab berbagai permasalahan penelitian tersebut maka dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang mana inti pokok dalam penelitian sejarah meliputi berbagai tahapan seperti (1) heuristik atau pengumpulan data, (2) verifikasi atau kritik sumber, (3) interpretasi atau penafsiran, (4) historiografi atau penulisan karya tulis sejarah. Sedangkan pendekatan dalam penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan studi pustaka dengan cara pengumpulan berbagai referensi guna mendapatkan jawaban dari permasalahan yang sedang penulis teliti. Hasil dalam penelitian ini disimpulkan bahwasanya latar belakang pemikiran Gus Wahid dalam pembaharuan pendidikan Islam adalah dikarenakan rasa kecewa Gus Wahid terhadap perkembangan lembaga pendidikan Islam pada masa Belanda yang seolah-olah menjadi anak tiri di dalam negeri sendiri. Pemikiran Gus Wahid adalah pemikiran pendidikan yang terbuka dan tidak menutup diri dalam batas pendidikan agama saja namun pendidikan yang ditawarkan oleh Gus Wahid adalah pendidikan yang merespon terhadap perkembangan zaman. Ada tiga aspek pembaharuan yang dilakukan oleh Gus Wahid: (1) melakukan pembaharuan tujuan pendidikan Islam, (2) melakukan pembaharuan kurikulum pendidikan Islam, (3) melakukan pembaharuan metode pembelajaran dalam pendidikan Islam.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HERMAWAN |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 04:14 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 04:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |