BADII'AH, AMIRATUL (2022) ANALISIS INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover-Daftar tabel.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui inovasi pelayanan perpustakaan pada masa pandemi Covid-19di MAN 2 Kota Jambi. Serta mengetahui faktor pendukung inovasi Pelayanan Perpustakaan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Kota Jambi, dan faktor penghambat inovasi Pelayanan Perpustakaan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Kota Jambi Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah sarana prasarana, kepala perpustakaan, pustakawan, siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi pelayanan perpustakaan yang dilakukan oleh pustakawan di MAN 2 Kota Jambi yaitu, dengan membuat pelayanan perpustakaan secara digital yang artinya pustakawan dapat melayani para siswa secara online dan tentu saja dapat memudahkan siswa dalam mencari buku ataupun mencari sebuah informasi. Inovasi pelayanan di perpustakaan yang dijalanakan pustakawan MAN 2 Kota Jambi dalam membuat inovasi pelayanan di perpustakaan yang dapat dilakukan secara online yaitu Layanan Digital Library. Layanan Digital Library adalah upaya menyediakan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan pada proses pembelajaran dan membutuhkan sumber-sumber informasi yang bisa diakses dengan cara online. Sumber informasi online juga dikenal sebagai sumber informasi digital. Dengan sumber informasi digital ini, pemustaksa bisa mengakses koleksi digital yang dipunyai oleh perpustakaan kapan saja dan dari mana saja.(2) Faktor pendukung inovasi pelayanan perpustakaan adalah fasilitas yang tersedia di perpustakaan yang sudah baik dan lumayan lengkap , kemudian buku-buku yang tersedia bukan hanya buku penunjang pelajaran saja tetapi ada juga koleksi buku yang lainnya, lalu untuk perpustakaan digital ada petugas khusus yang melaksanakan tugas operator yang melayani siswa secara online, faktor pendukung lainnya yaitu mudah untuk di akses kapan dan dimana saja karena pada saat ini siswa maupun tenaga pendidik sudah pasti memiliki gadget untuk dapat mengakses perpustakaan digital ini.(3) Faktor penghambat inovasi pelayanan perpustakaan yang ditemui yaitu terhalang oleh waktu yang terbatas dan jumlah pengunjung perpustakaan yang dibatasi dikarenakan pandemi Covid-19, kemudian faktor penghambat lainnya yaitu pada saat ingin mengakses perpustakaan digital ini memerlukan kuota internet dan juga memerlukan sinyal agar perpustakaan ini dapatdiakses
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | BADI`AH |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 04:20 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 04:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |