PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION GRAPHICS DENGAN ADOBE AFTER EFFECTS PADA MATERI PENGENALAN ANIMALIA UNTUK KELAS X

Pebriand, Binanggra Alpa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION GRAPHICS DENGAN ADOBE AFTER EFFECTS PADA MATERI PENGENALAN ANIMALIA UNTUK KELAS X. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Text - Binanggra Alpa Pebriand.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Judul - Binanggra Alpa Pebriand.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan - Binanggra Alpa Pebriand.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I - Binanggra Alpa Pebriand.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V - Binanggra Alpa Pebriand.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Binanggra Alpa Pebriand.pdf

Download (374kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Animalia adalah kingdom dalam peringkat taksonomi yang mencakup berbagai jenis hewan. Animalia merupakan salah satu materi yang tergolong kompleks dalam pembelajaran biologi. Oleh karena itu, media pembelajaran sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran guru dan peserta didik pada materi animalia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran motion graphics pada materi pengenalan animalia untuk peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (four-D). Uji coba produk pengembangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada Desember 2021. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi kelas X, peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket kepada guru dan peserta didik. Setelah data diperoleh, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran motion graphics pada materi animalia kelas X layak untuk digunakan. Pada tahap validasi materi diperoleh persentase sebesar 88%, tahap validasi media diperoleh persentase sebesar 87,6%, penilaian guru diperoleh persentase sebesar 94,7%, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 94,4% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 93,3%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran motion graphics pada materi animalia kelas X layak untuk digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Selanjutnya, proses penyebaran dilakukan dengan pembagian tautan produk kepada guru dan peserta didik. Animal kingdom is taxonomic ranking that includes various types of animals. Animal kingdom is one of the most complex materials in biology learning. Therefore, learning media is needed to support the learning process of teachers and students on animal kingdom material. This study aims to develop motion graphics learning media products on animal kingdom introduction materials for 10th grade students. This research is a type of research and development. The development model in this study refers to the 4D (four-D) development model. The product development trial was carried out at SMA Negeri 1 Kota Jambi in December 2021. The subjects of this research were 10th grade biology teachers, students of XI MIPA 1 and XI MIPA 2. Research data were obtained by giving questionnaires to teachers and students. After the data was obtained, the data were analyzed quantitatively with the percentage formula. The results showed that the learning media for motion graphics in 10th grade animal kingdom was feasible to use. In the material validation stage, a percentage of 88% was obtained, the media validation stage obtained a percentage of 87.6%, the teacher's assessment obtained a percentage of 94.7%, the small group trial obtained a percentage of 94.4% and the large group trial obtained a percentage of 93.3%. Based on the data obtained, it can be concluded that the learning media for motion graphics in 10th grade animal kingdom is feasible to be used as a supporting media in learning. Furthermore, the dissemination process is carried out by distributing product links to teachers and students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Animalia, Media pembelajaran, Motion graphics.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PEBRIAND
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:50
Last Modified: 14 Apr 2022 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32832

Actions (login required)

View Item View Item