AZIZA, AZIZA (2022) ANALISIS PENGALAMAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.
![]() |
Text
COVER JUDUL.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
5.-6. ABSTRACT.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
1. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
Abstract
Sekolah berkarakter adalah upaya sekolah untuk menanamkan nilai-nilai budaya karakter dalam setiap diri warga sekolah (Guru, Siswa dan Walimurid) Melalui berbagai kegiatan baik dalam proses pembelajaran Intrakurikuler, Ekstrakurikuler maupun penciptaan suasana lingkungan sekolah sehingga budaya karakter menjadi sikap batin. Pada tahun 2018 SDS Pertiwi I Kota Jambi meraih gelar sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Jambi pada jenjang Sekolah Dasar. Mulai saat itu sekolah ini mulai dilirik oleh banyak kalangan termasuk juga pemerintah untuk selalu mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan, dan juga menerima bantuan untuk peningkatan mutunya. Dalam tulisan ini penulis akan menganalisis apa saja yang dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk menjadikan sekolah ini sebagai sekolah adiwiyata, apa yang menjadi motivasi, faktor pendukung serta faktor penghambat yang dialami Kepala Sekolah saat menjalankan dan menerapkan program sekolah adiwiyata, serta kiat – kiat seperti apa yang dipilih supaya berjalan lancar. Metode penulisan ini adalah deskriptif kwalitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh warga SDS Pertiwi I Kota Jambi yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan Karyawati, Siswa serta Walimurid. Faktor pendukung dalam menerapkan program sekolah adiwiyata adalah hampir semua guru dan tenaga kependidikan mendukung dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata ini, juga sebagian besar Walimurid termotivasi untuk membantu anaknya dalam menerapkan program sekolah adiwiyata begitu juga dengan siswanya. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan program sekolah adiwiyata adalah sarana dan prasarana pendukung sekolah adiwiyata masih kurang, serta minimnya anggaran yang tersedia untuk melengkapi kebutuhan sekolah adiwiyata.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Aziza |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:43 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |