PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI

tiara, rozana PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 11 Kota Jambi menggunakan model pembelajaran POE pada materi kalor dan perpindahannya. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 40 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa tes KPS, lembar observasi KPS, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktifitas siswa. Teknik analisis data tes KPS dianalisis secara statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Pada siklus I persentase KPS dalam kategori sedang yaitu 68.1. Kendala guru adalah kurang maksimal dalam penyampaian prosedur kegiatan yang akan dilakukan. Solusinya guru harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar lebih maksimal dalam penyampaian prosedur pembelajaran. Pada siklus II diperoleh hasil KPS masih pada kategori sedang namun sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu 77.7. Kendala guru adalah kurang tegas dalam menegur siswa yang kurang aktif. Solusinya guru harus lebih memantau kegiatan siswa setiap kelompok. Pada siklus III terlihat adanya peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 89.1 berada dalam kriteria sangat tinggi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: TIARA ROZANA
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:43
Last Modified: 13 Feb 2018 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item