PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

SINKA, VALINA (2022) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
SKRIPSI VALINA SINKA A1D118015.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PEGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar isi, gambar, tabel, lampiran.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (550kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Blended Learning di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas VI A SDN 55/Sridadi pada ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : Bahwa peran guru sebagai motivator untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sudah terlaksana, dimana guru mendorong siswa agar mengunggkapkan pendapatnya didalam pembelajaran dengan memberi reward pujian dan poin sebagai tambahan nilai untuk siswa yang sudah berani mengungkapkan pendapatnya. hal tersebut menjadi salah satu faktor pendorong semangat belajar siswa yaitu mencapai angka atau nilai yang bagus. Selain itu guru kelas sebagai motivator juga sudah menerima kekurangan dan kelebihan siswa dengan penuh kesabaran dalam mendidik siswa dengan sebaik-baiknya tampa membandingkan-bandingkan siswa satu dengan siswa yang lainnya. Sebagai motivator guru juga berperan untuk mengenali dan memahami karakteristik siswa agar proses pembelajaran tercapai dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Guru kelas juga berperan untuk menanggapi pendapat siswa secara positif. Guru juga sudah beperan membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal dengan hal ini guru memberitahu hasil yang dicapai siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat beberapa peran yang dilakukan oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa seperti bersikap terbuka dan membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, sehingga terciptanya pembelajaran yang diinginkan. Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Motivasi Belajar, Pembelajaran Blended Learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Motivasi Belajar, Pembelajaran Blended Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sinka
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:47
Last Modified: 18 Apr 2022 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item View Item