ANATASYA, SHERLY (2022) ANALISI GURU PENGGERAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SHERY ANATASYA A1D118066.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Anatasya, Sherly. 2021. Analisis Guru Penggerak Dalam Peoses Pembelajaran di SD Negeri 1/IV Kota Jambi,Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Guru penggerak, Proses Pembelajaran, , Belajar dan Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru penggerak dalam proses pembelajaran di SD Negeri 1/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi langsung ke lapangan dan wawancara dengan guru penggerak. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan empat guru penggerak (sebagai data utama) serta dokumentasi proses pembelajaran (sebagai data penunjang), data dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, pada tahap perencanaan pembelajaran guru penggerak melakukan asesmen diagnostik nonkognitif untuk memetakan bakat, minat, gaya belajar, dan kesiapan belajar dari peserta didik. Kemudian guru penggerak menyiapkan RPP dan modul ajar, yang membedakan RPP guru penggerak yaitu adanya perencanaan untuk pembelajaran diferensiasi. Pada pelaksanaan pembelajaran guru penggerak menggunakan pembelajaran diferensiasi, pembelajaran sosial emosional, penerapan budaya positif, dan aktif menggunakan teknologi untuk menunjang efektivitas pembelajaran di kelas. Pada tahap evaluasi pembelajaran untuk guru penggerak yang mengajar di kelas IV yang menggunakan kurikulum operasional satuan pendidikan atau KOSP maka dalam sistem penilaian tidak lagi menggunakan KKM tetapi menggunakan kriteria belajar tuntas. Pada kurikulum paradigma baru ini guru diberikan keleluasaan dalam mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, terdapat berbagai macam pembelajaran yang dilakukan guru penggerak kepada peserta didik dalam proses pembelajaran agar terwujudnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan bagi sekolah hendaknya memberikan sosialisasi dan motivasi agar kedepannya lebih banyak guru yang mengikuti program guru penggerak dari Kemendikbud dan banyak guru-guru yang nantinya bisa menjadi guru penggerak sehingga kualitas pembelajaran dapat semakin meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru penggerak, Proses Pembelajaran, , Belajar dan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ANATASYA |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:47 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |