Sulfayanti, Niken (2022) DESAIN HANDOUT BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI LINGKARAN DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP N 23 KERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
A1C218011_Skripsi_compressed (1)-compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
A1C218011_Abstrak.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
A1C218011_Cover.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
A1C218011_Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
A1C218011_BAB I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
A1C218011_BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
A1C218011_Daftar Pustaka.pdf Download (413kB) |
Abstract
Kemampuan spasial merupakan unsur penting dalam memahami materi geometri, dalam mendukung kemampuan spasial siswa, dapat menggunakan bahan ajar yang dipadukan dengan teknologi augmented reality yang dapat menampilkan visualisasi tiga dimensi (3D) melalui smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan handout berbasis augmented reality yang dapat mendukung kemampuan spasial peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase yakni: 1) fase investigasi awal; 2) fase desain; 3) fase realisasi; 4) fase tes, evaluasi dan revisi dan; 5) fase implementasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli desain, lembar observasi, angket respon pendidik, angket respon siswa, tes hasil belajar siswa dan tes kemampuan spasial siswa. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data secara kuantitatif data diolah dari hasil validasi ahli materi, validasi ahli desain, respon guru dan respon peserta didik sedangkan analisis data kualitatif berupa saran dari validator yang diolah secara deskriptif kualitatif. Handout berbasis augmented reality ini telah divalidasi dan dinyatakan valid dengan rata-rata skor ahli materi sebesar 89% tergolong dalam kategori sangat baik dan rata-rata skor ahli desain sebesar 90% tergolong dalam kategori sangat baik. Handout ini juga telah diuji kepraktisannya dan dinyatakan praktis dengan rata-rata skor angket respon pendidik sebesar 87,5% tergolong dalam kategori sangat praktis, dan rata-rata skor angket pada uji coba kelompok kecil sebesar 84% tergolong kategori sangat praktis serta rata-rata skor angket pada uji lapangan sebesar 88% tergolong dalam kategori sangat praktis. Kemudian handout ini diuji keefektifannya dan dinyatakan efektif ditunjukan dengan 75% siswa tuntas pada tes hasil belajar, dan pada tes kemampuan spasial diperoleh siswa berada pada kategori kemampuan spasial sedang hingga tinggi. Keunggulan yang terdapat pada handout ini yaitu handout didesain berbasis augmented reality yang menghasilkan visualisasi 3d, bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami dan dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa handout berbasis augmented reality pada materi lingkaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout, Kemampuan Spasial, Augmented Reality. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sulfayanti |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 06:59 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |