ANALISIS DUKUNGAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK SEKOLAH DASAR BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

karea, syahrial and Sholeh, Muhammad and sartika, annisa (2022) ANALISIS DUKUNGAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK SEKOLAH DASAR BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA SARTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (158kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK Sartika, Annisa. 2022. Analisis Dukungan Orang Tua dalam Pendampingan Anak Sekolah Dasar Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Pendampingan Belajar, Belajar di Rumah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Dukungan Orang Tua dalam Pendampingan Anak Sekolah Dasar Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 112/I perumnas pada tanggal 11 Februari 2022 hingga 24 Februari 2022. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian pendekatatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua siswa dan siswa kelas II SD Negri 112/1 perumnas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisi secara kualitatif memakai teori teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) bentuk-bentuk dukungan orang tua, diantaranya dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dukungan jaringan, (2) bentuk-bentuk pendampingan yang diberikan oleh orang tua, diantaranya memahami kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh anak pada saat belajar di rumah, menyediakan fasilitas-fasilitas belajar yang dibutuhkan oleh anak, memberikan penghargaan, motivasi dan dorongan serta melakukan pengawasan terhadap kegiatan belajar anak di rumah, mengatur penggunaan waktu belajar anak dan mengawasi kedisiplinannya, membantu anak dalam menyelesaikan masalah belajar yang dialami. Dari hasil penelitian ini disarankan orang tua mampu memberikan dukungannya secara maksimal dalam mendampingi anak-anaknya belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 untuk dapat memaksimalkan keberhasilan belaja anak di rumah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SARTIKA
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:14
Last Modified: 20 Apr 2022 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32896

Actions (login required)

View Item View Item