Kumarudin, Aji nur (2022) HAMBATAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI PENDIDIKAN EKONOMI PADA ANGKATAN 2017 (STUDI KASUS: PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AJI NUR.K (A1A117020) (1)_compressed (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan_3.pdf Download (653kB) |
Abstract
Penerapan kegiatan pembelajaran daring tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pihak yang terlibat, termasuk mahasiswa di program studi pendidikan ekonomi, FKIP Universitas Jambi. Sejak tahun 2020 bulan Januari, kegiatan pembelajaran di Universitas Jambi yang awalnya di terapkan secara offline, bertatap muka di kelas, dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran secara online, hal ini disebabkan virus Covid-19 yang mulai menyebar di provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan mahasiswa pada pembelajaran daring dipendidikan ekonomi pada angkatan 2017 pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ini didapatkan melalui pengamatan lapangan, wawancara dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021 sampai 9 Januari 2022 di Universitas Jambi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan (verifikasi). Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan studi kasus yang terjadi pada program studi Pendidikan ekonomi terkait pembelajaran daring melalui WhatsApp. Sehingga untuk melakukan uji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Sementara itu, terdapat tiga tahapan dalam prosedur penelitian ini, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh kesimpulan dalam penelitian ini yang menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan utama yang membuat pembelajaran daring pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, diantaranya: 1) hambatan yang berasal dari diri mahasiswa itu sendiri, seperti kesalahan dan kelalaian yang dilakukan oleh mahasiswa; 2) permasalahan yang disebabkan oleh teknologi, seperti sinyal, kartu perdana, dan aplikasi whattsap yang digunakan selama pembelajaran daring berlangsung. Sehingga untuk mengurangi hambatan yang terjadi saat pembelajaran daring melalui WhatssApp diperlukan kerjasama dari semua pihak terkait, baik itu pihak kampus untuk meng-update aplikasi yang digunakan, dosen , dan mahasiswa. Kata Kunci : Hambatan Pembajaran Daring, Pembelajaran Daring melalui WhatsApp
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Pembajaran Daring, Pembelajaran Daring melalui WhatsApp |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KUMARUDIN |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:45 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |