CHALID, IDAM RIO (2022) IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISTEM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI RIO IDAM CHALID.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Chalid, Rio Idam: “Implementasi Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (2) Alirmansyah, S.Pd,. M.Pd Kata kunci: implementasi pendidikan karakter, karakter disiplin dan karakter tanggung jawab Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait upaya penguasaan dibidang akademik saja, namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Tri pusat pendidikan merupakan tiga pusat yang memiliki tanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak, tiga pusat tersebut yaitu pendidikan dalam keluarga, dalam sekolah dan dalam masyarakat. Sekolah merupakan merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan karakter individu. Sejak dahulu, sekolah telah memiliki tujuan utama dalam bidang pendidikan yaitu membentuk manusia yang cerdas juga memiliki watak dan karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggungjawab di SDN 99/X Sidomukti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 99/X Sidomukti. Objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SDN 99/X Sidomukti meliputi tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum dan tata tertib sekolah. Pelaksanaan implementasi dengan mengintegrasikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam kegiatan pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Evaluasi dilakukan dengan penilaian sikap siswa dan melakukan evaluasi bersama kepala sekolah, guru, dan wali siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Chalid |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:51 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |