PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK GURU BK SEBAGAI PEMIMPIN DALAM KONSELING KELOMPOK SMPNEGERI DI KOTA JAMBI

NURHAYATI, NURHAYATI (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK GURU BK SEBAGAI PEMIMPIN DALAM KONSELING KELOMPOK SMPNEGERI DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Bimbingan konseling.

[img] Text
Hayati Khan(A1E117006) revisi....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (162kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Jambi pada 09 Agustus-27 Agustus bahwa, dari 30 siswa dengan latar belakang sekolah yang berbeda-beda diwawancari menunjukkan bahwa guru Bk sebagai pemimpin terkesan tidak sabar dalam menghadapi siswa yang pasif, kurang dapat dipercaya, ceramah dibanding pencarian solusi, bertutur kata kurang menyejukkan hati, kurang adil dalam memperlakukan para anggota dan membeda-bedakan antara yang aktif dan tidak, jika diminta untuk kembali melakukan konseling lanjutan mereka memilih untuk tidak ingin melanjutkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang mampu membentuk para anggota kelompok dalam konseling kelompok di SMPNegeri Kota Jambi, untuk mengungkapkan persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang memiliki wawasan dalam aktivitas konseling kelompok, untuk mengungkapkan persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang memiliki keterampilan dalam aktivitas konseling kelompok, dan untuk mengungkapkan persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang mampu memiliki kemampuan membangun hubungan antar-personal dalam konseling kelompok di SMPNegeri Kota Jambi. Batasan masalah Penelitian ini hanya mengungkapkan karakteristik pemimpin kelompok dalam konseling kelompok berdasarkan pemimpin yang mampu membentuk para anggota kelompok, berwawasan, keterampilan, dan memiliki hubungan antar personal, (Prayitno et al., 2017), Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN di Kota Jambi yang pernah mengikuti kegiatan konseling kelompok minimal 1 kali kegiatan, dan Populasi penelitian dilakukan di Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN di Kota Jambi sebanyak 105, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Purposive Sampling dan populasi penelitian dilakukan di Kota Jambi. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode survei. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan angket kepada responden, kemudian dianalisis menggunakan persentase (%). Hasil penelitian mengenai persepsi siswa terhadap karakteristik guru BK sebagai pemimpin dalam konseling kelompok di SMPN Kota Jambi yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 105 siswa berada pada penerimaan “Baik ” dengan persentase 74%. Hasil penelitian ini membuktikan pandangan Winkel & Hastuti (2013) menerangkan bahwa Keberhasilan konseling kelompok terdapat pada pemimpin kelompok bagaimana pemimpin kelompok membawa suasana yang diinginkan oleh para anggota kelompok.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: NURHAYATI
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:56
Last Modified: 22 Apr 2022 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32996

Actions (login required)

View Item View Item