Delvia, - Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geomteri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. LKPD, Geometri, Budaya Jambi, Kreativitas,. (Unpublished)
![]() |
Text
BAGIAN ISI.pdf Download (591kB) |
Abstract
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI GEOMETRI BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA Oleh: Delvia1), Kamid2), Sri Winarni3) 1) Alumni Mahasiswa Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) dan 3) Dosen Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi email: delviachang7@gmail.com, ABSTRAK Berdasarkan survei PISA, prestasi belajar geometri siswa menegah Indonesia masih rendah. Salah satu materi yang termasuk geomteri adalah bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan keterangan guru SMP Negeri 1 Pelepat Ilir bahwa siswa sulit untuk menyelesaikan permasalahan bangun ruang sisi lengkung. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang tidak mengarahkan siswa untuk berfikir kreatif dalam mengkontruksi pemahamannya. Untuk menyelesaikan permasalahan perlu adanya kreativitas siswa untuk menghasilkan ide-ide dalam menemukan penyelesaian masalah. Salah satu realisasi pembelajaran kreatif dan bermakna dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis budaya. Dalam pembelajaran matematika berbasis budaya diajak untuk mengembangkan kreativitas melalui belajar matematika yang dikaitkan dengan budaya lokal. Implementasi pembelajaran matematika berbasis budaya menitikberatkan pada pemberian pengalaman langsung untuk siswa guna mengembangkan potensi siswa dalam memahami materi dengan mamanfaatkan budaya. Untuk memfasilitasi siswa dalam memahami materi berbasis budaya dapat menggunakan bahan ajar yang mendukung yaitu LKPD berbasis budaya Jambi. Tujuan penelitian adalah menghasilkan produk LKPD pada materi bangun ruang sisi lengkung berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas di kelas IX SMP, dan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan dengan menggunakan model 3-D (define, design, dan devalopment). Pertama melakukan analisis pada tahap define, dilanjutkan dengan membuat rancangan awal dan melakukan pengembangan terhadap LKPD. Pada penelitian ini menggunakan instrumen yang ditujukan untuk mengetahui kualitas LKPD menurut kriteria Nieveen yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kriteria kevalidan dengan menggunakan angket materi dan angket desain LKPD, kepraktisan dengan menggunakan angket penilaian guru dan siswa. Serta keefektifan dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil validasi diperoleh persentase 78,57% (valid), hasil validasi desain 98,68% (sangat valid), hasil penilaian guru 83,75% (sangat praktis), hasil penilaian siswa rata-rata 81,11% (sangat praktis). Terakhir test hasil belajar mengalami peningkatan kreativitas sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kualitas baik. Kata Kunci : LKPD, Geometri, Budaya Jambi, Kreativitas,
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Delvia |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 08:28 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 08:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |