Sujana, Ricky (2022) Peranan Gambar Sebagai Pajanan Bahasa Dalam Mempercepat Pemerolehan Bahasa Anak. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peran gambar sebagai pajanan bahasa dalam mempercepat pemerolehan bahasa anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan penulis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi yang dalam hal ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian pemerolehan bahasa menggunakan gambar sebagai pajanan bahasa menunjukkan dua tahap pemerolehan bahasa anak yaitu tahap pertama pemerolehan fonologi dan kedua tahap semantik. Pada tahap pemerolehan fonologi subjek Jourell masih mengalami masalah dalam pelafalan huruf konsonan R dan S, Sementara ada beberapa konsonan yang belum bisa diucapkan oleh Jourell yaitu konsonan F, Q, X, dan Z. Pada tahap semantik Jourell sudah mampu memaknai kata-kata yang memiliki keterkaitan makna semantik akan tetapi walaupun sudah mampu mengelompokkan berdasarkan jenis atau hierarkinya Jourell belum mampu membedakan antara makna kata itik dan bebek. Selanjutnya faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak yaitu pertama faktor orang tua dan kedua faktor lingkungan. Merujuk pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ini menunjukkan adanya peningkatan pemerolehan bahasa melalui media gambar sebagai pajanan bahasa. Peningkatan ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan meliputi 30 kosakata yang diperoleh oleh anak. This study aims to describe the role of images as language exposure in accelerating children's language acquisition. The approach used in this research is a qualitative approach. This type of research is classified as a case study research type. Data collection techniques used listening techniques and interview guidelines. The data analysis technique used by the author goes through the stages of data reduction, data presentation, and conclusions. To test the validity of the data the author uses triangulation which in this case uses triangulation of data sources. The results of language acquisition research using images as language exposure show two stages of children's language acquisition, namely the first stage of phonological acquisition and the second stage of semantic acquisition. At the stage of acquiring phonology, Jourell's subject still has problems in pronouncing the consonants R and S, while there are some consonants that Jourell cannot pronounce, namely consonants F, Q, X, and Z. At the semantic stage Jourell is able to interpret words that have the relationship between semantic meanings, but despite being able to classify based on type or hierarchy, Jourell has not been able to distinguish between the meanings of the words duck and duck. Furthermore, the factors that influence children's language acquisition are the first parental factors and the second environmental factors. Referring to the results of the study, it can be concluded that this indicates an increase in language acquisition through image media as language exposure. This increase can be seen based on the results of research conducted covering 30 vocabularies obtained by children.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The role of images, language exposure, language acquisition. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | SUJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |