GH, Nastiti putri (2022) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV di sekolah dasar. S1 thesis, Pendidikan guru sekolah dasar.
![]() |
Text
(Skripsi) Nastiti Putri GH-A1D118094.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover 1.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN 1.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar.Penelitian ini dilakukan di SDN 182/I Hutan Lindung pada Desember 2021. Penelitian ini di peroleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa berupa Tes. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan bentuk eksperimen. Jenis Penelitian ini yaitu Kuantitatif dengan menggunakan bentuk Eksperimen. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa kelas IV SDN 182 Hutan Lindung. Hasil penelitian menunjukan Kefektifan data berdistribusi normal dengan signifikansi 0,071>a=0,05 pada kelas pretest dan signifikansi 0,113>a=0,05 pada kelas posttest. Uji Homogenitas diperoleh signifikasi 0,177>a=0,05 yang dapat dilihat pada kolom Levene Statistic, Sedangkan pada Uji T bahwa rata-rata peningkatan (gain ternormalisasi) kelas eksperimen yaitu 0,53 yaitu 0,7 >(<g>) > 0,3 termasuk dalam kategori sedang.Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Model Problem Based Learning lebih efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 182/I Hutan lindung. jadi hasil observasi yang di temukan pada kelas IV SDN 182 Hutan Lindung menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKn masih rendah. Hal ini di sebabkan oleh guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dalam proses pembelajaran PKn guru cenderung menggunakan penyampaian informasi satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini membuat siswa cepat bosan dan pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn;Problem Based Learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | H |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 06:26 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 06:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |