Analisis Keterlaksanaan Model Treffinger Berbantuan Software Ispring Suite 8 dan Korelasinya Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga

Johar, Erma (2022) Analisis Keterlaksanaan Model Treffinger Berbantuan Software Ispring Suite 8 dan Korelasinya Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (scan).pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Berpikir kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan/melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang berbeda ada dari yang sudah ada sebelumnya. Melalui pembelajaran daring maupun luring ini membuat siswa cenderung hanya mendengarkan dan menerima pembelajaran dari guru tanpa aktif memberikan gagasan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yaitu model treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model treffinger berbantuan software ispring suite 8 dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran treffinger berbantuan software ispring suite 8 oleh guru dan siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa kuat korelasinya dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model treffinger secara daring oleh siswa rata-rata pada tiap pertemuan berurutan sebagai berikut: 37,22;50,09;55,92. Hal ini sejalan positif dengan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang juga meningkat setiap pertemuan dibuktikan dengan nilai rata-rata tiap pertemuan berurutan sebagai berikut: 36,11;46,11;48,33. Hubungan pelaksanaan model treffinger dengan kemampuan berpikir kreatif diperoleh rxy = 0,79 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 62,41% dengan kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterlaksanaan model treffinger berbantuan software ispring suite 8 dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Abstract Creative thinking is a person's ability to create / give birth to something new, either in the form of ideas or real works that are different from those that existed before. Through online and offline learning, students tend to only listen and receive lessons from the teacher without actively providing ideas. One of the learning models that can improve creative thinking skills is the treffinger model. This study aims to analyze the implementation of the Treffinger model assisted by the Ispring Suite 8 software and its correlation with students' creative thinking skills on the buffer solution material. This research is a kind of descriptive correlational research. The design used in this study is a mixed method with the type of concurrent triangulation model. The sample used is class XI IPA 4 SMA Negeri 2 Jambi City. The research instrument was an observation sheet on the implementation of the Treffinger learning model assisted by the Ispring Suite 8 software by teachers and students and essay tests on students' creative thinking abilities. Hypothesis testing is done using the Product Moment correlation test and then to see how strong the correlation is, the coefficient of determination test is carried out. Based on the results of data processing, it is known that the application of the online treffinger model by students on average at each successive meeting is as follows: 37.22; 50.09; 55.92. This is in positive line with the test results of students' creative thinking abilities which also increase in each meeting as evidenced by the average value of each successive meeting as follows: 36.11; 46.11; 48.33. The relationship between the implementation of the Treffinger model and the ability to think creatively is obtained by rxy = 0.79 with a strong relationship level. The results of the calculation of the coefficient of determination obtained a value of 62.41% with a strong category. Based on the results of the study, it was concluded that there was a correlation between the implementation of the Treffinger model assisted by the Ispring Suite 8 software and the students' creative thinking skills on the buffer solution material in class XI IPA 4 SMA Negeri 2 Jambi City.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model treffinger, berpikir kreatif, mix method, ispring suite 8, larutan penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: JOHAR
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:40
Last Modified: 22 Apr 2022 03:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33041

Actions (login required)

View Item View Item