DEMAYANI, DEMAYANI (2022) PEMBELAJARAN ONLINE DI SD NEGERI 119/IV KOTA JAMBI: STUDI PELAKSANAAN, KENDALA DAN SOLUSI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
Pembelajaran online/daring menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 karena memungkinkan guru dan peserta didik untuk berkolaborasi meskipun berada di lokasi yang berbeda. Keberhasilan pembelajaran online di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesiapan guru, peserta didik, dan orang tua. Pembelajaran online bukanlah pengganti yang sempurna untuk pembelajaran di kelas. Pembelajaran serba online ini memiliki kelebihan di beberapa aspek dan juga kekurangan di aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran online di SD Negeri 119/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 119/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini melibatkan 3 orang wali kelas IV sebagai partisipan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan analisis dokumen RPP. Data yang telah terkumpul, akan dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online/daring di kelas IV yaitu menggunakan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Classrom, menggunakan RPP 1 lembar. Adapun kendala yang yang dihadapi yaitu terkendala jaringan internet, kuota, peserta didik tidak mempunyai gawai pribadi, kurangnya pemahamaan guru, peserta didik dan orang tua terhadap aplikasi pembelajaran, serta belum adanya upaya guru melaksanakan pembelajaran door to door atau home visit ke rumah peserta didik yang mengalami kendala saat pembelajaran daring. Kendala lainnya yaitu kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias serta pemahaman materi oleh peserta didik. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru yaitu berupaya menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan video pembelajaran sekaligus berkolaborasi bersama orang tua selama pembelajaran dilaksanakan pembelajaran daring. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaannya, guru merancang dan mempersiapkan perangkat pembelajaran serta aplikasi yang mendukung pembelajaran online/daring dan meminimalisir kendala yang terjadi dengan berbagai solusi. Kata Kunci: Pembelajaran Online, Pelaksanaan, Kendala, Solusi Online learning is the right choice to overcome learning problems during the Covid-19 pandemic because it allows teachers and students to collaborate even though they are in different locations. The success of online learning in elementary schools is strongly influenced by various factors, such as the readiness of teachers, students, and parents. Perfect online learning for classroom learning. Online learning has advantages in several aspects and also disadvantages in other aspects. This study aims to describe online learning in SD Negeri 119/IV Kota Jambi. This study uses a qualitative method with a case study approach. This research was conducted at SD Negeri 119/IV Kota Jambi in the odd semester of the 2021/2022 academic year. In this study involved 3 teachers of class IV as research participants. Data were obtained through interviews and analysis of lesson plans. The data that has been collected will be analyzed descriptively using Miles and Huberman's concept analysis technique which includes data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. To obtain the validity of the data, using source triangulation and technical triangulation. The results showed that online learning in grade IV was using various applications such as Whatsapp, Zoom, and Google Classroom, using 1 sheet of lesson plans. The obstacles faced are internet network constraints, quotas, students do not have personal devices, lack of understanding of teachers, students and parents on learning applications, and the absence of teachers' efforts to carry out door to door learning or home visits to the homes of students who experience problems obstacles when online learning. Another obstacle is the lack of effectiveness and time efficiency, lack of enthusiasm and understanding of the material by students. The solution taken by the teacher is to create interesting learning by using learning videos as well as collaborating with parents during learning to carry out online learning. From this research, it can be said that in practice, teachers design and prepare learning tools and applications that support online learning and minimize obstacles that occur with various solutions. Keywords: Online Learning, Implementation, Constraints, Solutions
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online, Pelaksanaan, Kendala, Solusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Demayani |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:18 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |