Sinurat, Herta (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (176kB) |
Abstract
ABSTRAK Integrasi multidisplin ilmu dalam pendidikan diharapkan mempersiapkan SDM yang mampu berkompetisi secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model project-based learning (PjBL) terintegrasi science technology engineering mathematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 3 Bungo T.P 2021/2022. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester I di SMA Negeri 3 Bungo yang berjumlah 5 kelas. Sementara untuk sampel penelitian dipilih secara acak yaitu Kelas XI IPA 1 sebagai eksperimen berjumlah 32 siswa dan XI IPA 2 sebagai kontrol berjumlah 32 orang. Kelas eksperimen diterapkan PjBL terintegrasi STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Proyek yang dikerjakan pada eksperimen yaitu: water pump free energy, fountain free energy dan air bubble generator free energy. Instrumen dalam penelitian yaitu tes berbentuk uraian sejumlah 5 item untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Pengukuran hasil belajar kognitif menggunakan tes berbentuk pilihan ganda sejumlah 10 item. Sebelum pembelajaran dilakukan pretest yang tujuannya melihat kesamaan kemampuan awal siswa dalam hal keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah 27.97 dan 30.00 sementara untuk kelas kontrol 30.16 dan 30.31. Hasil pretest dilakukan independent sample t-test dengan syarat normal dan homogen. Hasilnya kemampuan awal siswa pada kedua kelas adalah sama dalam hal keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif. Setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata posttest keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif eksperimen adalah 82.81 dan 73.13 sementara untuk kontrol 36.72 dan 72.50. Hasil posttest dilakukan multivariat analysis of variance test hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan PjBL terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif. Sementara untuk hasil belajar kognitif siswa tidak ada perbedaan yang signifikan untuk eksperimen dan kontrol. Persentase peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen diperoleh 76% dikategorikan tinggi dan kelas kontrol 9% dalam kategori rendah. Sementara untuk peningkatan hasil belajar kognitif keduanya dalam kategori sedang 62% untuk eksperimen dan 61% untuk kontrol. Berdasarkan penelitian PjBL terintegrasi STEM memiliki pengaruh dan peningkatan pada keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kreatif, project-based learning, dan science technology engineering mathematics.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Sinurat |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |