FENOMENA DEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA ERA NEW NORMAL DI MADRASAH ALIYAH DARUDDA’WAH WAL-IRSYAD PULAU KIJANG

Novita, Dina (2022) FENOMENA DEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA ERA NEW NORMAL DI MADRASAH ALIYAH DARUDDA’WAH WAL-IRSYAD PULAU KIJANG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI DINA CETAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.pdf

Download (273kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (240kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
Official URL: http://www.repository.unja.ac.id

Abstract

Novita, Dina. 2022. Fenomena Demotivasi Belajar Bahasa Arab pada Era New Normal di Madrasah Aliyah Darudda’wah Wal Irsyad Pulau Kijang. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Sulhi Muhammad Daud Abdul Kadir, Lc., M.H, (II) Muhammad Sobri, S.Pd.I., M.Pd Kata kunci: Demotivasi, Belajar, Bahasa Arab, New Normal MADRASAH ALIYAH DARUDDA’WAH WAL-IRSYAD Pulau Kijang yang selanjutnya disingkat MA DDI Pulau Kijang merupakan salah satu sekolah yang menggunakan pembelajaran daring setelah pemerintah mengeluarkan surat edaran No.04 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19, sistem pembelajaran di era new normal dilaksanakan dengan sistem blanded learning,sehingga masalah utama dalam penelitian adalah jadwal pembelajaran yang berubah-ubah yang terkadang daring dan terkadang luring .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab pada era new normal, fenomena demotivasi belajar bahasa arab, kendala guru dalam mengatasi demotivasi belajar bahasa arab, solusi fenomena demotivasi belajar bahasa arab pada era new normal. Jenis penelitian yang dipakai adalah lapangan, dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber datanya ialah dari X IPS, guru bahasa arab dan kepala sekolah di MA DDI Pulau Kijang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan data yang digunakan ialah dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi demotivasi belajar bahasa arab pada siswa kelas X IPS MA DDI Pulau Kijang, dibuktikan dengan faktor internal dan eksternal yang menunjukkan bahwa: dari faktor internal: 1) siswa kurang aktif dan bersemangat dalam belajar bahasa arab, 2) Siswa merasa sulit mempelajari bahasa arab, 3) Perubahan kondisi pembelajaran yang tidak terjadwal, 4) Metode yang digunakan guru kurang variatif. Dari faktor eksternal: 1) Terbatasnya durasi belajar, 2) Lingkungan belajar yang kurang kondusif. Adapun kendala guru dalam mengatasi demotivassi belajar bahasa arab ialah: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa, 2) Perbedaan kualitas jaringan internet antar siswa, 3) Siswa beranggapan sulitnya mempelajari bahasa arab. Upaya dan solusi guru untuk mengatasi demotivasi dan meningkatkan motivasi belajar bahasa arab sebagai berikut: 1) Menjadi guru yang asik, 2) Menganjurkan siswa agar terus berlatih, 3) Nilai angka dan pujian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Demotivasi, Belajar, Bahasa Arab, New Normal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Novita
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:27
Last Modified: 20 Apr 2022 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33052

Actions (login required)

View Item View Item