Fatonah, Uci (2022) Pengembangan Instrumen Miskonsepsi Berbentuk Five-Tier pada Topik Kesetimbangan Benda Tegar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
A1C318063_UCI FATONAH_SKRIPSI___.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER FIX.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
HAL.PERSETUJUAN FIX.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB 5 FIX.pdf Download (87kB) |
Abstract
Fatonah, Uci. 2022. Pengembangan Instrumen Berbentuk Five Tier pada Topik Kesetimbangan Benda Tegar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Maison, M.Si. Ph.D., (2) Drs. M. Hidayat, M.Pd., Kata kunci: miskonsepsi, tes diagnostik, kesetimbangan benda tegar Miskonsepsi adalah penafsiran konsep yang tidak berkesesuaian dengan konsepsi yang disepakati oleh pakar ilmuan. Miskonsepsi berdampak pada siswa karena dapat mempengaruhi hasil belajar ataupun pada proses penerapan ilmu. Miskonsepsi dapat diketahui dengan menggunakan tes diagnostik salah satunya yaitu five tier diagnostic test. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan instrumen miskonsepsi berbentuk five tier diagnostic test (2) untuk menguji kevalidan instrumen miskonsepsi pada materi kesetimbangan benda tegar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek uji dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 5, XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada Maret 2022. Data penelitian didapatkan dengan cara menyebarkan instrumen kepada siswa yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk berupa instrumen sebanyak 8 item yang telah memenuhi validitas secara kualitatif melalui bantuan validator. Untuk validitas isi yaitu didapatkan persentase False Positif, False Negatif dan Lack of Knowledge kurang dari 10% yang artinya instrumen valid. Sedangkan validitas konstruk dari 8 soal dengan melihat korelasi dan didapatkan r tabel > r hitung kemudian untuk analisis faktor didapatkan nilai loading > 0.3 sehingga data dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen dikategorikan reliabel dengan interpretasi sedang karena nilai Alpha yang didapatkan 0.543 > r tabel.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fatonah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |