SUHAIBAH, SUHAIBAH (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KECEMASANMAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI DI PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
SUHAIBAH A1E117064 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Kecemasan merupakan reaksi emosional yang dialami sesorang dalam situasi tertentu yang menimbulkan perasaan takut,khawatir,tidak berdaya dan kegelisahan akan sesuatu yang belum jelas atau belum terjadi.Media sosial adalah fitur atau aplikasi yang berfungsi untuk bersosialisasi secara online tanpa terkendala jarang dan waktu. Media sosial juga menampilkan hal hal menarik di dalamnya sebagai sarana hiburan yang dapat dinikmati oleh penggunanya. Saat ini Media sosial beranekaragam seperti, Facebook, instagram, youtube, whatsapp, tiktok dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh media sosiat terhadap tingkat kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa bimbingan konseling FKIP UNJA. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan Konseling angkatan 2018 sebanyak 132 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi dan mahasiswa yang mengakses media sosial seperti facebook, youtube dan instagram. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan exspost facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket media sosial dan skala dass. Data dianalisis menggunakan formula C, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum tingkat penggunaan media sosial berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesa r 76 % dan tingkat kecemasan pada mahasiswa secara umum berada pada kategoritinggi dengan persentase sebesar 76%. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,005, yang berarti hipotesis pada penelitian ini terbukti kebenaranya yaitu terdapat pengaruhyang signifikan antara media sosial terhadap tingkat kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dengan pengaruh sebesar 75,4% atau dapat ditafsirkan kuat atau tinggi. Kata Kunci : Tingkat, Kecemasan, Media sosial Abstract Anxiety is an emotional reaction experienced by a person in certain situations that causes feelings of fear, worry, helplessness and anxiety about something that is not clear or has not happened. Social media is a feature or application that functions to socialize online without being constrained by infrequent and time. Social media also displays interesting things in it as a means of entertainment that can be enjoyed by its users. Currently, there are various kinds of social media such as Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp, TikTok and so on. This study aims to reveal the level and influence of social media on the level of student anxiety in working on the thesis on counseling students of FKIP UNJA. The population in this study were Guidance Counseling students class of 2018 as many as 132 students. The sample in this study was 100 students who were taken using a purposive sampling technique with the criteria of students working on their thesis and students who access social media such as Facebook, YouTube and Instagram. This type of research is quantitative, with an expost facto approach. The instrument used in this research is a social media questionnaire and a dass scale. Data were analyzed using formula C, normality test, linearity test, simple regression analysis and t test. The results of this study indicate that in general the level of use of social media is in the high category with a percentage of 76% and the level of anxiety in students in general is in the high category with a percentage of 76%. The results also show that based on simple regression analysis, a significance value of 0.000 <0.005 is obtained, which means that the hypothesis in this study is proven to be true, namely that there is a significant influence between social media on students' anxiety levels in doing thesis with an effect of 75.4% or can be interpreted as strong or tall. Keywords: Level, Anxiety, Social Media
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media,sosia dan kecemasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Suhaibah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:28 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |