ANALISIS KEMAMPUAN KINERJA SISWA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS XII IPA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

SELVI, EKA ANALISIS KEMAMPUAN KINERJA SISWA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS XII IPA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. ANALISIS KEMAMPUAN KINERJA SISWA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS XII IPA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (621kB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai engan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan, kinerja dapat pula diartikan sebagai prestasi menunjukkan suatu kegiatan atau perbuatan dan melaksanakan tugas yang telah dibebankan. Penilaian kinerja juga salah satu cara untuk menilai keterampilan siswa yang sangat baik diterapkan dalam pembelajaran Biologi dengan tujuan dapat melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah seperti perumusan masalah, penyusunan hipotesis, melakukan eksprimen dan penarikan kesimpulan dapat berjalan secara sistematis dan terarah. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif, dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. Analisis kemampuan kinerja meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan hasil percobaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi peneliti, lembar penilaian kinerja siswa, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian kemampuan kinerja siswa saat melaksanakan praktikum fotosintesis hasil presentase yang didapat yaitu, kinerja siswa cukup baik pada indikator persiapan percobaan termasuk kategori cukup yaitu 51,45%, tahap pelaksanaan kategori baik yaitu 77.85%, tahap hasil percobaan kategori baik 73,12%. Pada indikator yang termasuk kategori sangat baik adalah melakukan percobaan 76.87%, melakukan pengamatan 78.75% berpartisipasi 83.12% dan penarikan kesimpulan 73.12%, sedangkan indikator yang kategori cukup baik yaitu menggunakan LKS 51.45%, mengidentifikasi alat dan bahan 61.25% dan menyusun prosedur kerja 43.12%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa mempersiapkan literatur lembar pengamatan dari sumber yang lain agar dapat menambah wawasan serta inovasi dalam percobaan, sebelum melakukan percobaan terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan serta memahami prosedur kerja yang akan dilakukan sebelum melakukan percobaan. Kata Kunci : Analisis, Kinerja, Praktikum

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: EKA SELVI
Date Deposited: 14 Feb 2018 01:04
Last Modified: 14 Feb 2018 01:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item