PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAHMATULLAH KOTA JAMBI

Akbar, Zulfitrah (2022) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAHMATULLAH KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
FULL TESIS ZULFITRAH AKBAR (P2A620023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media permainan monopoli dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa belum optimal dikarenakan ada beberapa indikator yang belum tercapai. Berdasarkan hasil tindakan siklus I beberapa hal yang perlu ditingkatkan pada siklus II diantaranya guru harus lebih pandai dalam menguasai kondisi kelas dan siswa, memberikan petunjuk yang jelas pada siswa terkait konsep pembelajaran, memberikan motivasi untuk lebih berperan aktif dalam berdiskusi dengan teman kelompok, memberikan pemahaman orientasi permainan bukan sekedar mengumpulkan kekayaan semata, tetapi lebih kepada interaksi edukatif untuk pemahaman materi dan memberikan reward kepada siswa. Berdasarkan upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sudah berjalan dengan optimal karena seluruh indikator aktivitas belajar siswa sudah tercapai dan dapat dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian ini, dapat disumpulkan bahwa penerapan Media Permainan Monopoli dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Media Permainan Monopoli, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Akbar
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:48
Last Modified: 22 Apr 2022 01:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33091

Actions (login required)

View Item View Item