PEBRI EBIN, IKA PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING INTERAKTIF BERBASIS WEB DISERTAI CONTOH-CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA. PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING INTERAKTIF BERBASIS WEB DISERTAI CONTOH-CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA. (Submitted)
Text
ARTIKEL ILMIAH IKA.pdf Download (689kB) |
Abstract
ABSTRAK Ebin, I.P. 2017. Pengembangan Media E-learning Interaktif Berbasis Web Disertai Contoh-Contoh Kontekstual Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si, (II) Dra. Hj. Muswita, M.Si Kata Kunci : Media e-learning, Web, Contoh kontekstual, Ekosistem Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA N 11 Kota Jambi, siswa menyatakan jam pelajaran di sekolah sangat kurang sehingga materi yang disampaikan oleh guru kurang optimal terutama untuk materi Ekosistem. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media e-learning interaktif berbasis Web serta untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap penggunaan Web sebagai media e-learning interaktif pada materi ekosistem. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah ADDIE. Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan saat validasi ahli dan uji lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara menganalisa data hasil angket dan menafsirkan skor secara kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi pada media telah dinyatakan layak untuk diuji di lapangan setelah melalui 2 tahap validasi media dan 2 tahap validasi materi. Respon siswa pada uji kelompok kecil memiliki persentase skor keseluruhan sebesar 86% dengan kriteria “sangat baik” sedangkan pada uji kelompok besar diperoleh 91,84% dan kriteria “sangat baik”. Respon guru bidang studi memiliki persentase skor 90,07% dan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa respon siswa dan guru terhadap produk media e-learning interaktif berbasis web pada materi ekosistem termasuk dalam kriteria sangat baik. Peneliti menyarankan agar siswa menggunakan media e-learning interaktif berbasis web disertai contoh-contoh kontekstual pada materi ekosistem saat belajar di kelas atau mandiri. Sehingga lebih mudah memahami materi karena menggunakan contoh yang kontekstual lebih relevan dengan kehidupan siswa dan juga menjadi pelengkap pembelajaran bagi para guru. Untuk penelitian selanjutnya, adalah mengembangkan media e-learning interaktif berbasis web dengan memperluas cakupan materi, konten (gambar, video, dll) atau contoh contoh yang lebih kontekstual sehingga media e-learning menjadi lebih luas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | IKA PEBRI EBIN |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 01:04 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 01:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3310 |
Actions (login required)
View Item |