M. Satria, Budi (2022) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Siswa Pada Tema 4 di Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK PASCA SIDANG.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB V FIX.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kualitas proses pembelajaran siswa pada tema 4 dengan menggunakan model project based learning (PjBL) di kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI An-Nizham Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Data diperoleh melalui observasi pada saat pelaksanaan tindakan kelas dan melalui dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pengamatan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) pada tema 4 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi menunjukkan bahwa pada siklus I kualitas proses pembelajaran belum baik, karena dari 11 indikator yang telah ditetapkan belum ada yang mencapai target rata-rata minimal yang diinginkan. Berdasarkan upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran siswa mengalami peningkatan dan berjalan dengan optimal, karena seluruh indikator aktivitas proses pembelajaran siswa sudah tercapai dan dapat dinyatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil siklus II indikator yang mendapatkan hasil rata-rata paling rendah yaitu yang awalnya pada siklus I rata-rata siswa masih belum aktif bertanya, menjadi rata-rata siswa aktif bertanya pada siklus II, dan indikator yang mendapatkan rata-rata paling tinggi pada siklus II yaitu yang awalnya pada siklus I rata-rata siswa tidak senang dan gembira dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, manjadi rata-rata siswa senang dan gembira dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pada siklus II, begitu juga dengan 9 indikator lainnya pada siklus II sudah mencapai target rata-rata yang diinginkan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada tema 4 di kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), pembelajaran tematik, proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning (PjBL), pembelajaran tematik, proses pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Budi |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 04:22 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 04:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |