Piyana, Suci Okta (2022) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Inkuiri Pada Tema 2 Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Untuk Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Pendidikan Dasar.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS INKUIRI PADA TEMA 2 MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Oleh : Suci Okta Piyana P2A620020 (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Pelaksanaan proses pembelajaran tidak lepas dari adanya penggunaan bahan ajar, bahan ajar yang digunakan diharapkan dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Salah satu metode yang dapat membantu siswa untuk belajar mandiri yaitu metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode yang menekankan siswa untuk menemukan dan memperoleh konsep sendiri dari apa yang dipelajari dengan penuh percaya diri, sehingga diperlukan bahan ajar berbasis inkuiri. Seiring perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elekonik berbasis inkuiri yang layak dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V A Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket respon guru termasuk dalam kategori sangat praktis dengan respon guru kelas V A berjumlah 53 dan respon guru kelas V B berjumlah 58. Tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 84,5%. Sedangka tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket minat peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 86,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri pada tema 2 menggunakan aplikasi flip pdf professional untuk siswa sekolah dasar layak untuk diuji cobakan dalam proses pembelajaran karena termasuk dalam kategori bahan ajar yang valid dan praktis. Disarankan agar guru dapat mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri untuk tema pembelajaran yang lain. Kata Kunci : Modul Elektronik, Model Inkuiri, Flip Pdf Professional
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Piyana |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:25 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |