KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

BUDIANTI, NIA KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Budianti, Nia. 2017. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Herman Budiyono., M. Pd. (II) Drs. Imam Suwardi W., M. Pd. Kata kunci: kemampuan menulis, teks prosedur Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Teks prosedur yang mencakup aspek struktur meliputi judul, tujuan, bahan dan alat, dan langkah-langkah, serta aspek kaidah kebahasaan meliputi penggunaan kalimat perintah, penggunaan dengan kalimat batasan yang jelas, penggunaan kata keterangan alat, keterangan cara dan keterangan tujuan, penggunaan kalimat saran/larangan, serta penggunaan kata penghubung, pelesapan dan acuan. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja yaitu tes menulis teks prosedur. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian tugas dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mengategorikan nilai setiap siswa lalu mencari persentase pencapaian sesuai kategori yang didapatkan oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan menerapkan aspek struktur dalam menulis teks prosedur siswa dikategorikan sangat mampu dengan skor 3,75, dengan rincian siswa yang berkemampuan sangat mampu mencapai 75,5%, 24,5% siswa yang berkemampuan mampu, 0% siswa yang berkemampuan cukup mampu 0%, dan 0% siswa yang berkemampuan kurang mampu. Kemampuan menerapkan aspek kaidah kebahasaan dalam menulis teks prosedur siswa dikategorikan sangat mampu dengan skor 3,63, dengan rincian siswa yang berkemampuan sangat mampu mencapai 60,9%, 30,3% siswa yang berkemampuan mampu, 9,09% siswa yang berkemampuan cukup mampu, dan 0% siswa yang berkemampuan kurang mampu. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis teks prosedur berkategori sangat mampu dengan skor 3,69. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Kota Jambi agar guru lebih memperbanyak pengajaran pada kaidah kebahasaan karena bila semakin sulit maka harus semakin intensif dalam mengajarkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: NIA BUDIANTI
Date Deposited: 14 Feb 2018 01:04
Last Modified: 14 Feb 2018 01:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item