PEMBELAJARAN ONLINE DI SD NEGERI 119/IV KOTA JAMBI: STUDI PELAKSANAAN, KENDALA DAN SOLUSI

DEMAYANI, DEMAYANI (2022) PEMBELAJARAN ONLINE DI SD NEGERI 119/IV KOTA JAMBI: STUDI PELAKSANAAN, KENDALA DAN SOLUSI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran online/daring menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 karena memungkinkan guru dan peserta didik untuk berkolaborasi meskipun berada di lokasi yang berbeda. Keberhasilan pembelajaran online di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesiapan guru, peserta didik, dan orang tua. Pembelajaran online bukanlah pengganti yang sempurna untuk pembelajaran di kelas. Pembelajaran serba online ini memiliki kelebihan di beberapa aspek dan juga kekurangan di aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran online di SD Negeri 119/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 119/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini melibatkan 3 orang wali kelas IV sebagai partisipan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan analisis dokumen RPP. Data yang telah terkumpul, akan dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online/daring di kelas IV yaitu menggunakan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Classrom, menggunakan RPP 1 lembar. Adapun kendala yang yang dihadapi yaitu terkendala jaringan internet, kuota, peserta didik tidak mempunyai gawai pribadi, kurangnya pemahamaan guru, peserta didik dan orang tua terhadap aplikasi pembelajaran, serta belum adanya upaya guru melaksanakan pembelajaran door to door atau home visit ke rumah peserta didik yang mengalami kendala saat pembelajaran daring. Kendala lainnya yaitu kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias serta pemahaman materi oleh peserta didik. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru yaitu berupaya menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan video pembelajaran sekaligus berkolaborasi bersama orang tua selama pembelajaran dilaksanakan pembelajaran daring. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaannya, guru merancang dan mempersiapkan perangkat pembelajaran serta aplikasi yang mendukung pembelajaran online/daring dan meminimalisir kendala yang terjadi dengan berbagai solusi. Kata Kunci: Pembelajaran Online, Pelaksanaan, Kendala, Solusi

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Pelaksanaan, Kendala, Solusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Demayani
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:21
Last Modified: 21 Apr 2022 04:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33110

Actions (login required)

View Item View Item