deva pratama, nendian (2022) STRATEGI POLITIK PEMENANGAN MASNAH BUSRO-BAMBANG BAYU SUSENO DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
kata pengantar.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
daftar tabel.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
daftar gambar.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
bab IV.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi politik yang dilakukan oleh tim pemenangan Masnah Busro-Bambang Bayu Suseno dalam Pilkada Kabupaten Muaro Jambi, serta mengetahui dan menganalisis aspek pendukung yang dimiliki oleh Masnah Busro-Bambang Bayu Suseno dalam Pilkada Kabupaten Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah tim pemenangan Masnah Busro-Bambang Bayu Suseni dalam pemilihan Kepala Daerah Muaro Jambi tahun 2017 lalu, sedangkan objek penelitiannya adalah strategi politik Masnah Busro-Bambang Bayu Suseno dalam Pemilukada Kabupaten Muaro Jambi tahun 2017. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan wawancara langsung ke informan. Selanjutnya data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi politik yang dilakukan oleh tim pemenangan Masnah Busro-Bambang Bayu Suseno dalam Pilkada Kabupaten Muaro Jambi lebih mengarah kepada strategi untuk melakukan pemasaran politik, seperti strategi dalam memasarkan produk meliputi platform partai politik, pengalaman politik dan karakteristik Masnah Busro dan BBS, strategi melakukan kegiatan promosi melalui iklan politik, debat politik dan kampanye untuk mempublikasikan Masnah Busro dan BBS, strategi dalam memasarkan harga atau citra positif yang dimiliki Masnah Busro dan BBS dan strategi dalam memasarkan tempat kegiatan kampanye Masnah Busro dan BBS. Masing-masing strategi tersebut dilakukan menggunakan pendekatan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi asas kekeluargaan dan gotong royong. Aspek pendukung yang dimiliki oleh Masnah Busro-Bambang Bayu Suseno dalam Pilkada Kabupaten Muaro Jambi meliputi aspek internal yaitu figure keluarga Masnah Busro terutama ayah masnah yang menjadi orang paling disegani di Kecamatan Kumpeh Ulu dan pengalaman politik yang dimiliki Masnah Busro dan BBS yang sama-sama pernah menjabat sebagai anggota DPRD. Selanjutnya aspek eksternal meliputi tim pemenangan yang solid dan belum adanya pemimpin wanita di Kabupaten Muaro Jambi. Kata Kunci : Strategi Politik, pemenangan, Pilkada 2017
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Pratama |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:22 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |