ANALISIS PARTISIPASI MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN E-LEARNING DIMASA PANDEMI COVID-19

Febryanti, Nike (2022) ANALISIS PARTISIPASI MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN E-LEARNING DIMASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
fix SKRIPSII NIKE FEBRYANTI (A1D518020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (62kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
daftar isi dan lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dimasa pandemic Covid-19 ini mahasiswa mengalami kesulitan saat proses pembelajaran daring berlangsung karena jaringan yang tidak baik sehingga membuat mahasiswa sulit berpartisipasi dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi mahasiswa, faktor pendukung dan penghambat serta pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning dimasa pandemic covid-19 pada mahasiswa program studi Administrasi Pendidikan 2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jeni penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring di program studi Administrasi Pendidikan menggunakan e-learning ini cukup baik walaupun masih ada kelemahannya dan juga pada program studi Administrasi Pendidikan ini lebih sering menggunakan aplikasi Zoom dan juga WhatsApp Group. (2) Partisipasi mahasiswa program studi Administrasi Pendidikan dalam pembelajaran daring ini cukup baik dan aktif, walaupun masih ada mahasiswa yang kurang berpartisipasi dalam pembelajaran daring. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran online ini dapat dilakukan kapan dan dimana saja, dapat menghemat waktu dan juga biaya transportasi, sedangkan faktor yang menghambat pembelajaran daring ini ialah jaringan internet yang tidak stabil dan juga kurangnya pemahaman mengenai teknologi. Dari hasil penelitian ini disarankan dosen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat mahasiswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta mahasiswa juga dapat meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran daring, memanfaatkan dan memahami penggunaan teknologi agar dapat mencapai tujuan dari pembelajaran yang diinginkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: FEBRYANTI
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:15
Last Modified: 22 Apr 2022 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33129

Actions (login required)

View Item View Item